Langkah Penyusunan RPP
1) Pengkajian silabus, buku teks
pelajaran dan buku panduan guru meliputi: (1) KI dan KD;
(2) materi pembelajaran;
(3) proses pembelajaran;
(4) penilaian pembelajaran;
(5) alokasi waktu; dan
(6) sumber belajar.
2) Perumusan indikator pencapaian KD
pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4;
3) Materi Pembelajaran dapat berasal dari
buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan
lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang
dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran normal, pengayaan, dan
remedial.
4) Penjabaran proses Pembelajaran yang
ada pada buku teks pelajaran dan buku panduan guru dalam bentuk yang lebih
operasional berupa pendekatan saintifik disesuaikan dengan kondisi peserta
didik dan satuan pendidikan termasuk penggunaan media, alat, bahan, dan sumber
belajar.
5) Penentuan alokasi waktu untuk setiap
pertemuan berdasarkan alokasi waktu pada silabus, selanjutnya dibagi ke dalam
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
6) Pengembangan penilaian pembelajaran
dengan cara menentukan lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta membuat
pedoman penskoran.
7) Menentukan Media, Alat, Bahan dan
Sumber Belajar disesuaikan dengan yang telah ditetapkan dalam langkah
penjabaran proses pembelajaran.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah
: Mata pelajaran : Kelas/Semester : Alokasi Waktu : A. Kompetensi Inti (KI) B.
Kompetensi Dasar 1. KD pada KI-1 2. KD pada KI-2 3. KD pada KI-3 4. KD pada
KI-3 C. Indikator Pencapaian Kompetensi*) 1. Indikator KD pada KI-1 2.
Indikator KD pada KI-2 3. Indikator KD pada KI-3 4. Indikator KD pada KI-4 D.
Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan
guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks
pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk
pembelajaran normal, pengayaan, dan remedial) E. Kegiatan Pembelajaran 1.
Pertemuan Pertama: (...JP) a. Kegiatan Pendahuluan b. Kegiatan Inti**) ·
Mengamati · Menanya · Mengumpulkan informasi/mencoba · Menalar/mengasosiasi ·
Mengomunikasikan c. Kegiatan Penutup 2. Pertemuan Kedua: (...JP) a. Kegiatan
Pendahuluan b. Kegiatan Inti**) · Mengamati · Menanya · Mengumpulkan
informasi/mencoba · Menalar/mengasosiasi · Mengomunikasikan c. Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya. F. Penilaian 1. Teknik penilaian 2. Instrumen
penilaian a. Pertemuan Pertama b. Pertemuan Kedua c. Pertemuan seterusnya G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar 1. Media/alat 2. Bahan Sumber Belajar.
Sumber: www.m-edukasi.web.id
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon